Heboh bakteri Listeria


Hadeuh, ini bakteri Listeria benar-benar bikin orang panik, konyolnya ketakutan itu berasal dari hal salah kaprah. Yang nakutin juga blo’on!

Sekarang orang dibikin parno dan takut untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar, alias mentah. Ditakutinya karena ‘rentan tercemar bakteri’

Hadeuh, blo’on berat deh! Yang jadi perkara utama kan sebenarnya kasus ini pertama kali tercium saat ada kasus kematian, 3 kalo gak salah

Dan beberapa laporan kasus orang yang jatuh sakit disebabkan oleh bakteri itu di belahan Amerika Utara, AS dan Kanada. Nah kata kuncinya itu

Setelah itu kata kunci kedua, yang lebih penting adalah, tempat populer ditemukannya lokasi hidup si bakteri Listeria. Apa saja? Watch…

“Susu segar, keju, es krim, sayuran mentah, buah-buahan, sosis fermentasi, daging merah, unggas, dan ikan mentah”. Nah! Lihat deh sumbernya

Bakteri bernama Listeria Monocytogenes, sebenarnya lebih rentan ditemui di produk hewani dan turunannya, ketimbang buah dan sayuran

Kenapa ada embel-embel mentah di wilayah bahaya sana? Ya karena memang umumnya pengetahuan konvensional berujung: “yang steril yang dimasak”

Di suhu tinggi, bakteri dan virus memang mati. Tidak terkecuali si Listeria ini. Masalahnya, itu lebih pas berlaku untuk protein hewani

Buah dan sayuran segar mah nggak! Dua unsur ini kalau dipanaskan, malah berubah sifat. Dan kehilangan banyak sekali unsur yang berguna

Enzim, mineral, vitamin, yang umum dikenal sebagai energi hidup dari buah dan sayuran segar, berkurang jauh bahkan rusak total kena panas

Padahal kegunaan buah dan sayuran segar bagi tubuh, jauh lebih krusial ketimbang ketakutan terhadap bakteri itu tersebut

Tubuh yang rutin mengkonsumsi buah dan sayuran segar, memiliki karakter daya tahan tubuh super kuat berlapis, sulit ditembus bakteri-virus

Kalau pernah baca kultwit saya tentang sistem pertahanan tubuh dalam melawan serangan eksternal seperti bakteri-virus, pasti akan tercengang

Kalau pernah baca kultwit saya tentang sistem pertahanan tubuh dalam melawan serangan eksternal seperti bakteri-virus, pasti akan tercengang

Rumit, canggih dan indah! Pokoknya paten banget deh! Makanya jangan suka melemahkan sistem pertahanan tubuh kita, rugi sendiri!

Apa sih yang melemahkan daya tahan tubuh kita? Ada beberapa faktor, tapi yang paling umum, adalah apa yang kita makan dan minum

Mengkonsumsi makanan protein yang rutin, sayangnya adalah salah satu bentuk aplikasi pola makan yang lemahkan daya tahan tubuh. Konyol kan?

Biarpun protein hewani itu sudah dimasak cermat sekalipun! Nah balik ke kata kunci pertama. LIhat lokasi dimana bakteri Listeria mewabah?

Data bakteri ini menyebabkan kematian dan penyakit serius hadir dimana? Amerika Utara! Dari sana lagi, kita bisa melihat perbandingan ini

Di awal dekade 2000-an, Amerika Utara memimpin produksi dan konsumsi daging, protein hewani di dunia, dengan jumlah 10.000.000 ton pertahun!

Nah! Apa itu kebetulan? Ya jelas tidak! Sesuai dengan logika awal kita, perbanyak konsumsi protein hewani, sila lemahkan daya tahan Anda

Masih nyambung dengan kata kunci kedua, lihat asal mana buah yang ditengarai tercemar bakteri Listeria itu? ya sama buah impor Amerika Utara

Saya sih selalu mengusung semangat, “Konsumsilah produksi lokal!”. Mau buah kek, sayuran segar kek atau produk pangan lain. Klop kan kini!

Bukan cuma masalah bakteri Listeria ini. Tapi lihat dari sisi logika bodoh saja. Kapan sih buah atau sayuran impor itu dipanen? Mana tau?

Katakanlah apel dari Amerika Serikat, memangnya jarak tempuh sana dan sini singkat? Terbang biasa aja bisa 20-an jam. Gimana dengan produk?

Kapan dipetik? Kapan disortir? Kapan dikemas? Kapan dicek oleh pemerintah? Kapan dishipment? Kapan sampe? Kapan dipilih? Kapan didisplay?

Butuh waktu yang luarbiasa lama dari buah impor dipetik hingga ia bisa tersimpan ke dalam lemari es, apalagi mampir ke dalam perut Anda?!

Kata kunci kedua, buah dan sayuran segar cuma faktor kecil sumber bakteri Listeria tadi. Cuci bersih secara cermat, kelar masalah!

Bisa dengan sabun khusus buah dan sayur di toko organik atau perlengkapan bayi. Bisa rendam larutan cuka. Bisa pake air basa kuat. Apa kek?

Dari laman FB seorang teman yang mengutip kultwit @erikarlebang