Update Blackberry 10 ke OS 10.3.2.2474


Beberapa hari lalu, saya dapat notifikasi untuk software update bagi perangkat Blackberry yang menggunakan OS BB 10. Karena Q5 saya termasuk keluarga Q10 yang notabene menggunakan OS BB 10, ya saya pengen donk ikutan update. Tapi sayangnya di situs resminya untuk Q5/Q10 belum ada. Saya tanya ke teman kerja yang lebih tahu masalah per-software-an. Katanya sudah ada “leak” (bocorannya). Dan saya diberi link ini :
https://drive.bitcasa.com/send/6tMMpRBzkQkxY_8w1sxMeaelgWiKjL3dTocYhTwQn6io
Link ini mengarah ke Bitcasa, semacam cloud storage begitu.
Apa sih yang baru dalam update OS BlackBerry 10 saat ini? Penasaran kan? Diantaranya ada perlindungan anti pencurian di Blackberry Protect. Namun untuk fitur ini Anda harus berhati-hati mengaktifkannya. Salah-salah malah handset Anda terblokir sendiri dan tidak bisa digunakan. Fitur lain yaitu hadirnya Blackberry Blend secara otomatis di handset. Kemudian peningkatan kemampuan men-donwnload aplikasi Android ke BlackBerry Anda melalui Amazon Appstore. BlackBerry Assistant memungkinkan voice command untuk mengelola email, kontak, kalender dan fitur lainnya. BlackBerry Hub dengan instant actions memungkinkan Anda mengatur dan menindaklanjuti inbox AnA dengan cepat, tanpa harus masuk ke aplikasi pesan satu persatu. Dan, ini yang paling saya suka, fitur daya tahan baterai meningkat hingga 15%!! Menarik, kan? Satu lagi, perbaikan dalam kinerja kamera saat memotret dengan cahaya rendah, deteksi wajah yang lebih baik dan mengurangi buram. Semua informasi ini juga bisa dibaca di website resmi BlackBerry : id.blackberry.com.

Nah, karena saya sudah berhasil update, maka begini langkah-langkah mudah untuk update OS BB 10 ke versi 10.3.2.2474 :
1. Backup dulu semua data dari BB 10 Anda, kalau saya pilih yang complete backup, menggunakan BB Desktop Software/BB Link yang ada di PC Anda.
2. Sebaiknya Anda sign-up dulu ke Bitcasa, supaya bisa download file yang ada disitu. Akan ada notif yang masuk ke email Anda, minta verifikasi berupa link. Klik saja, dan…voila!! Anda sudah menjadi bagian dari Bitcasa.
3. Kalau sudah masuk ke Bitcasa, yang keluar adalah Autoloaders, pilih folder 10.3.2.
4. Klik 2x, akan keluar 2 folder lagi yaitu Complete dan Radio. Pilih yang Complete.
5. Pilih folder 10.3.2.2639, akan keluar folder dengan nama-nama perangkat Blackberry yang menggunakan OS BB 10. Pilih yang sesuai dengan handset yang Anda miliki.
6. Klik Download file tsb.
7. Pasangkan handset ke PC dengan kabel USB, jangan nyalakan BB Desktop/BB Link.
8. Klik 2x pada file dengan extention .exe, akan berjalan dengan sendirinya. Handset akan restart sendiri. Tunggu sampai handset menyala kembali (juga) dengan sendirinya.
9. Restore kembali data yang sudah di-backup.
10. Jangan kaget bila ada notif update lagi dari aplikasi yang Anda punya di handset. Lakukan update menggunakan Wi-Fi.

Demikian langkah-langkah untuk update B 10 dengan software terbaru. Semoga bermanfaat dan sukses mengupdate yaa!!

Posted from WordPress for Android on Blackberry Q5