Hati-hati melakukan Wipe di OS Blackberry 10


Genap hampir setahun saya menggunakan gadget BB Q5 yang ber-OS BB 10 sebagai alat komunikasi saya. Banyak data yang juga saya simpan di situ. Terbanyak ya nomor telepon. Beberapa hari lalu ada update ke OS 10.3.2.2836. Ya namanya suka dengan hal baru, saya pun melakukan update via wifi kantor, hehehe. Ternyata butuh space yang artinya saya harus menghapus beberapa aplikasi termasuk yang saya gunakan ini, WordPress for Android?? What?? BB bisa dipasang aplikasi Android? Bisa donk!! Tapi khusus yang sudah OS 10 ke atas. Seperti Q5 (sebagai varian paling ‘rendah’), Q10, Z10, Passport, Classic. Hanya, ada ‘pembatasan’. Ada beberapa aplikasi Android yang tidak bisa melakukan update app nya seperti Hay Day, COC, umumnya games. Sementara app lainnya masih bisa ‘berjalan’ normal.Meski sering update seperti Line, WordPress juga. Naaahh..sehabis update, saya merasa BB ini mulai lemot. Di BB sebelumnya yang saya miliki, 9300, saya bisa dengan mudah melakukan wipe data dan me-restore kembali via Blackberry Protect yang sudah terjadwal mem-back-up setiap minggu. Di OS 10 ini beda. Blackberry Protect bila diaktifkan akan menjadi Anti-Theft. Yang bila salah memasukkan password, secara otomatis akan mengunci perangkat sehingga tidak bisa digunakan. Dengan asumsi, yang salah memasukkan password adalah orang yang berusaha mencuri data-data di perangkat tsb. Apesnya, wipe data kali ini tidak semulus sebelumnya. Selain prosesnya lama, BB mati dan jreeeeng, muncul segitiga kuning dengan tanda seru dan tulisan : http://www.bberror.com/bb10-0015. Keringat dingin mulai membasahi dahi saya. Mana BB sama sekali tidak mau nyala. Setiap kali menyala, yang muncul ya tanda seru dalam segitiga kuning itu. Gawat. Padahal ini sudah seharian gak menyala. Itu artinya saya bakal ketinggalan banyak update. Saya berusaha agar menyala, yang pertama tentu dengan menyambungkannya ke laptop. Seketika itu terbersit ide, menjalankan autoload versi update sebelumny, yang untungnya masih saya simpan. Perlu diketahui, selama proses wipe berjalan, SD card (memory card/memori eksternal) dan SIM card dikeluarkan lebih dahulu. Alhamdulillah…autoload berjalan dengan sukses. BB kembali menyala. Tapiiii…kontak telepon, notes hilang semua. Jadi kapok deh menjalankan wipe di BB dengan OS 10. Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat.